A. PENGERTIAN DAN FUNGSI MICROSOFT WORD
PENGERTIAN MICROSOFT WORD
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnyaDOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
FUNGSI MICROSOFT WORD
Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.
- Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
- Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.
- Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
- Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” , Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
- Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)
- Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
- Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
- Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat)
SEJARAH MICROSOFT WORD
A. Sejarah Singkat Microsoft Word
[sunting]Sejarah
[sunting]Versi
[sunting]Operasi
[sunting]Kompatibilitas
Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat , proposal, artikel, brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap.
Selain, Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya : WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya.
B. Pengertian dan fungsi MS EXCEL
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini
Istilah-istilah dalam Excel
1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5
2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7
Menulis Rumus
1.Operasi Logika
Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :
a. = : sama dengan
b. > : lebih besar dari
c. < : lebih kecil dari d. >= : lebih besar atau sama dengan
e. <= : lebih kecil atau sama dengan f. <> : tidak sama dengan
2. Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
A.Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :
1. Fungsi If :
Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)
Contoh : =If(A5<17,”anak-anak”,”dewasa”)>30,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))
2. Fungsi String
Fungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan
1. Fungsi VALUE :
digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,
penulisannya : =VALUE(text)
2. Fungsi FIND :
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
3. Fungsi MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
4. Fungsi LEFT atau RIGHT :
digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah karakter)
5. Fungsi REPLACE :
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),
penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)
6. Fungsi CONCATENATE :
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,
penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)
B. Fungsi Tabel :
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP),
penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
Fungsi yang sering digunakan
1. fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
2. Fungsi Average :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
4. Fungsi Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
5. fungsi Count :
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)
7. Fungsi Var :
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)
Istilah-istilah dalam Excel
1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5
2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7
Menulis Rumus
1.Operasi Logika
Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :
a. = : sama dengan
b. > : lebih besar dari
c. < : lebih kecil dari d. >= : lebih besar atau sama dengan
e. <= : lebih kecil atau sama dengan f. <> : tidak sama dengan
2. Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
A.Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :
1. Fungsi If :
Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)
Contoh : =If(A5<17,”anak-anak”,”dewasa”)>30,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))
2. Fungsi String
Fungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan
1. Fungsi VALUE :
digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,
penulisannya : =VALUE(text)
2. Fungsi FIND :
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
3. Fungsi MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
4. Fungsi LEFT atau RIGHT :
digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah karakter)
5. Fungsi REPLACE :
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),
penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)
6. Fungsi CONCATENATE :
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,
penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)
B. Fungsi Tabel :
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP),
penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
Fungsi yang sering digunakan
1. fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
2. Fungsi Average :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
4. Fungsi Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
5. fungsi Count :
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)
7. Fungsi Var :
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)
C. Pengertian Dan Sejarah Microsoft Access
Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapsa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007.
Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.
Sejarah Ms Access
Akses versi 1.0 dirilis pada 13 November 1992, segera diikutiMei 1993 oleh 1,1 Akses untuk meningkatkan kompatibilitas dengan produk Microsoft lain dan termasuk bahasa pemrogram Akses Dasar.
Microsoft menentukan spesifikasi minimum persyaratan perangkat keras untuk akses v2.0: Microsoft Windows v3.1 dengan 4 MB RAM yang dibutuhkan, 6 MB RAM direkomendasikan; 8 MB yang tersedia hard disk space yang dibutuhkan, 14 MB hard disk space direkomendasikan. Produk ini dikirim pada tujuh disket 1,44 MB manual menunjukkan tanggal hak cipta 1993.
Awalnya, perangkat lunak bekerja dengan baik dengan database yang relatif kecil tapi terdapat beberapa kondisi menyebabkan korupsi data . Sebagai contoh, file ukuran lebih dari 10 MB yang bermasalah (perlu diketahui bahwa sebagian besar hard disk lebih kecil dari 500 MB pada saat ini digunakan lebar), dan manual yang dibawanya memperingatkan bahwa beberapa keadaan di mana usang driver perangkat atau konfigurasi yang tidak benar menyebabkan kehilangan data .
Dengan keluar pentahapan Windows 95, 98 dan ME, peningkatan kehandalan jaringan, dan Microsoft telah merilis 8 paket layanan untuk Jet Database Engine , keandalan akses database telah jauh lebih baik baik dalam ukuran dan jumlah pengguna.
Dengan Office 95, Microsoft (Akses 7,0 alias "Akses 95") menjadi bagian dari Microsoft Office Professional Suite bergabung dengan Microsoft Excel, Word, dan PowerPoint dan transisi dari Access Basic ke Visual Basic for Applications (VBA). Sejak itu, ada rilis dari Microsoft Access dengan setiap rilis kantor. Hal ini termasuk akses 97 (versi 8.0), Access. 2000 (versi 9,0), Access 2002 (versi 10.0), Access 2003 (versi 11.5), dan akses 2007 (versi 12,0).
Akses database format asli (Jet DB Database) juga telah berevolusi selama bertahun-tahun. Format termasuk akses 1.0, 1.1, 2.0, 7.0, 97, 2000, 2002, dan 2007. Yang paling signifikan adalah transisi dari Access 97 ke format 2000 Akses; yang tidak kompatibel dengan versi sebelumnya Access. Pada saat penulisan ini, semua versi baru mendukung akses Access 2000 format. Fitur-fitur baru yang ditambahkan ke Access 2002 format yang dapat digunakan oleh Access 2002, 2003 2007, dan 2010.
Pada Access 2007, sebuah format database baru diperkenalkan: ACCDB . ACCDB kompleks ini mendukung tipe data seperti multivalue dan bidang lampiran. Jenis bidang baru pada dasarnya Recordset di bidang dan memungkinkan penyimpanan beberapa nilai dalam satu lapangan.
Sebelum pengenalan Akses, pasar desktop database didominasi oleh Borland dengan mereka Paradox dan dBase program, dan FoxPro . Microsoft Access adalah pasar massal pertama program database untuk Windows. Dengan pembelian FoxPro dan menggabungkan Rushmore nya permintaan optimasi rutinitas ke Access, Microsoft Access database dengan cepat menjadi dominan untuk Windows efektif menghilangkan persaingan yang gagal transisi dari MS-DOS dunia. Nama kode akses awal adalah Cirrus, mesin bentuk disebut Ruby. Ini terjadi sebelum Visual Basic - Bill Gates melihat purwarupa dan memutuskan bahwa BASIC komponen bahasa harus dikembangkan secara bersama-sama sebagai sebuah aplikasi terpisah tapi dapat diperluas, sebuah proyek bernama Thunder.
Akses juga nama sebuah program komunikasi dari Microsoft, dimaksudkan untuk bersaing dengan ProComm dan program lainnya. Hal ini terbukti gagal dan menjatuhkan. Bertahun-tahun kemudian, Microsoft digunakan kembali nama untuk perusahaan perangkat lunak database . Kedua proyek tersebut dikembangkan secara terpisah sebagai mesin pembuat form yang tidak cocok satu sama lain, namun, ini digabungkan bersama-sama lagi setelah VBA .
D. Microsoft Office PowerPoint
adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang
dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan
beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi
ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak
digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versiMicrosoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft
PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari
PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung
ke dalam paketMicrosoft Office System 2007.
Daftar
isi
·
3 Versi
|
[sunting]Sejarah
Aplikasi
Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis
Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya
menjadi PowerPoint.
Pada
tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis,
dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih
menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk
transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint
muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft
pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint
dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari
PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejakMicrosoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian
standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office
System (kecuali Basic Edition).
[sunting]Versi Baru Baru Ini
Versi
terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2010 (PowerPoint 14), yang dirilis
pada bulan Juni 2010, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi
antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu,
dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan
ekstensi
*.ppt
, versi ini menawarkan format data XML dengan
ekstensi*.pptx
.
[sunting]Versi
Tahun
|
Versi PowerPoint
|
Paket Microsoft Office
|
|
PowerPoint 1.0
|
Mac OS classic
|
T/A
|
|
PowerPoint 2.0
|
Mac OS classic
|
T/A
|
|
PowerPoint 2.0
|
Windows 3.0
|
T/A
|
|
PowerPoint 3.0
|
Mac OS classic
|
T/A
|
|
PowerPoint 3.0
|
T/A
|
||
PowerPoint 4.0
|
Microsoft Office 4.x
|
||
PowerPoint 4.0
|
Mac OS classic
|
T/A
|
|
PowerPoint 7 for Windows 95
|
Microsoft Office 95
|
||
PowerPoint 97
|
Microsoft Office 97
|
||
PowerPoint 98
|
Mac OS Classic
|
Microsoft Office 1998 for Mac
|
|
PowerPoint 2000
|
Microsoft Windows 98, Windows NT 4.0, Windows 2000
|
||
PowerPoint 2001
|
Mac OS X
|
Microsoft Office 2001 for Mac
|
|
PowerPoint 2002
|
Windows 2000/XP
|
||
PowerPoint v.X
|
Mac OS X
|
Microsoft Office:mac v.X
|
|
PowerPoint 2003
|
|||
PowerPoint 2004
|
Mac OS X
|
Microsoft Office:mac 2004
|
|
PowerPoint 2007
|
|||
PowerPoint 2008
|
Mac OS X
|
Microsoft Office:mac 2004
|
|
PowerPoint 2010
|
Windows 7 (Disarankan), Windows Vista (Service Pack 2), Windows XP (Service Pack 3) Windows
Server 2008, Windows
Server 2008 R2
|
Microsoft Office:mac 2004
|
[sunting]Operasi
Dalam
PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek
teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya
diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide".
Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogiyang sama dengan slide dalam proyektor biasa,
yang telah kuno, akibat munculnya perangkat lunak komputer yang
mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam
layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah
siaran di World Wide Web).
PowerPoint
menawarkan dua jenis properti pergerakan, yakni Custom Animations dan Transition.
Properti pergerakan Entrance,Emphasis,
dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur
oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide ke
slide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam banyak cara. Desain keseluruhan
dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakaan Master Slide, dan struktur
keseluruhan dari prsentasi dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner(Outline).
PowerPoint
dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut:
·
*.PPT
(PowerPoint Presentation),
yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk
PowerPoint 12)
·
*.PPS
(PowerPoint Show), yang
merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk
PowerPoint 12)
·
*.POT
(PowerPoint Template),
yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk
PowerPoint 12)
·
*.PPTX
(PowerPoint Presentation),
yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint
12.
[sunting]Kompatibilitas
Mengingat
Microsoft PowerPoint merupakan program yang sangat populer, banyak aplikasi
yang juga mendukung struktur data dari Microsoft PowerPoint, seperti halnya
OpenOffice.org. OpenOffice.org Impress|Impress dan Apple Keynote. Hal ini
menjadikan program-program tersebut dapat juga digunakan sebagai alternatif
untuk PowerPoint, karena selain tentunya dapat membuka format PowerPoint,
aplikasi-aplikasi tersebut tentunya memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki
oleh PowerPoint.
Meskipun
demikian, karena PowerPoint memiliki fitur untuk memasukkan konten dari
aplikasi lainnya yang mendukung Object
Linking and Embedding (OLE),
beberapa presentasi sangat bergantung pada platform Windows, berarti aplikasi
lainnya, bahkan PowerPoint untuk Macintosh sekalipun akan susah untuk membuka
presentasi tersebut, dan bahkan kadang-kadang tidak dapat membukanya secara
sukses dalam Macintosh. Hal ini mengakibatkan adanya kecenderungan para
pengguna untuk menggunakan format dengan struktur data yang terbuka, seperti
halnya Portable Document
Format (PDF) dan juga
OpenDocument dari OASIS yang digunakan oleh OpenOffice.org dan tentunya
meninggalkan PowerPoint. Microsoft juga sebenarnya sudah melakukan hal serupa
saat merilis format presentasi berbasis XML (PowerPoint 12), meskipun hingga
saat ini masih banyak pengguna yang tetap menggunakan PowerPoint 11 (Microsoft
Office PowerPoint 2003) yang masih berbasis data biner.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar